-->

Mengatasi Susah Index Pasca Google Algoritma Spam Update

Banyak blogger yang terkena imbas spam update google algoritma yang dilakukan pada bulan Oktober lalu. Tak tanggung-tanggung, web yang terkena imbas perubahan algortma tersebut trafficnya langsung terjun bebas. Ada yang turun 50% bahkan ada yang sampai 80%. Parahnya lagi, web yang terkena dampak update algoritma artikelnya menjadi susah idex. Mengapa demikian?



Bagi yang tidak terkena imbas, banyak yang menganggap update algoritma ini sebelah mata. Hal ini karena, banyak juga yang merasa trafficnya justru naik pasca update algoritma google. Namun bagi yang kena dampak negatif, tentu ini sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, kita sudah cape cape menulis artikel ditunggu sehari, dua hari, seminggu, bahkan sebulan artikel kita tetap tidak muncul di mesin pencari google. 

Saya adalah yang termasuk mengalami dampak negatif update algoritma itu. Setidaknya ada 3 web saya yang kena imbas dengan efek yang berbeda. Anehnya 2 di antara 3 blog itu adalah blog manual bukan AGC atau sejenisnya. Satu blog saya masih mau mengindex artikel baru namun memerlukan waktu yang lumayan lama. Yang biasa index hanya berkisar hitungan menit, ini bisa 7 jam bahkan 1 hari. Itupun tidak pernah page one. Biasanya ada di page 5 atau bahkan lebih nyungsep lagi. Padahal biasanya setiap artikel terbit langsung page one atau halaman 2. 

Berbeda nasib dengan 2 blog yang lain yang hingga kini setelah 2 bulan pasca update algoritma, artikel yang saya tulis tak ada satu pun yang terindex. Ngeri bukan? 

Sebetulnya sudah berbagai cara saya lakukan antara lain fetch di google search console, bahkan hampir tiap hari tapi tak ada hasil. Sebagai catatan, semua web itu sudah terdaftar di google news. Soalnya banyak yang bilang biar cepet index katanya harus didaftarkan google news. Nyatanya gak mempan, hehe. 

Cara lain yang saya lakukan adalah menggunakan bantuan software untuk mengindex. Biasanya software itu cukup ampuh untuk index. Misal hari ini submit 100 url, paling tidak mulai esok pagi sudah mulai nampak hilalnya di mesin penciri. Tapi di kasus ini berbeda. Bahkan berkali-kali saya submit hasilnya tetap nihil.

Simpulannya, sampai sekarang saya belum menemukan pola yang tepat untuk mengatasi punishmen google ini. Tetap semangat menulis saja meskipun indexnya lama atau bahkan tidak terindex. Jangan lupa untuk terus mengembangkan sayap dengan membangun blog-blog baru. Ingat, ketika 1 pintu rizkimu tertutup, Tuhan akan membukakan 1000 pintu yang lain. Haha

Semangat menulis dan tetap waras. Terima kasih
LihatTutupKomentar