-->

Penyebab AC Panasonic Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Artikel ini akan membahas mengenai apa sebab timer AC panasonic berkedip kemudian mati sendiri dan bagaimana cara mengatasinya. Jika Anda pernah punya AC pananosic dan mengalami masalah AC sering mati-mati, pasti sangat menjengkelkan. Tidur menjadi tidak nyaman karena sering terbangun akibat AC Panasonic Anda mati sendiri.


Penyebab AC Panasonic sering mati sendiri

Sebenarnya, apa yang menyebabkan lampu timer terus berkedip dan tiba-tiba AC mati sendiri? Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan AC Panasonic mati sendiri. Berikut ulasannya:

Thermistor rusak

Inilah yang paling sering terjadi pada AC Panasonic. Termistator yang rusak menyebabkan AC sering mati sendiri. Thermistor berfungsi sebagai pengatur suhu otomatis ketika AC bekerja. Ketika suhu sudah mencapai kondisi yang diinginkan thermistor akan bekerja untuk mematikan kipas/blower AC. Namun, ketika suhu yang diingankan belum tercapai, thermistor akan terus bekerja. Jika alat ini rusak, maka pengatur suhu otomatis pun rusak. Akibatnya AC yang menjadi error dan sering mati.  



Freon kurang

Tekanan freon yang kurang dari kapasitas normal juga menyebabkan AC sering mati sendiri. Cara mudah untuk mengetahui apakah freon AC Anda kurang adalah dengan melihat pipa kecil pada outdoor. Jika pipa tersebut beku, bisa dipastikan freon AC Panasonic Anda tekanannya kurang.

AC kotor

Penyebab ketiga adalah AC yang sudah sangat kotor. Biasanya saking nyamannya kita menggunakan AC, sampai lupa harus membersihakannya. Padahal pembersihan AC harus dilakukan secara rutin agar kinerja komponen AC dapat maksimal. AC yang kotor menyebabkan part-part AC kinerjanya terganggungu. Akibatnya AC bisa mati sendiri atau kurang dingin.

Unit outdoor mati

Penyebab AC panasonic sering mati sendiri yang keempat adalah unit outdoor AC Anda mati. Hal ini bisa diketahui dengan mengamati bunyi yang dihasilkan oleh outdoor AC Anda. Biasanya pada waktu tertentu outdoor akan menyala untuk mengalirkan udara dingin di unit indoor. Nah, jika mati bisa dipastikan AC Anda tidak maksimal berkerjanya. 


Cara mengatasi AC Panasonic mati sendiri

Jika Anda paham tentang instalasi AC silakan cek bagian-bagian di atas kemudian lakukan tindakan sesuai penyebab kerusakannya. Jika Thermistor yang rusak silakan ganti dan apabila hanya kotor silakan bersihkan. Namun, untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah lebih baik memanggil teknisi jika memang dirasa belum menguasai.

Cara mengatasi timer AC Panasonic Berkedip

Masalah lain yang timbul di AC Panasonic adalah unit indoor timernya selalu berkedip dan tidak mau mati. Cara mengatasinya cukup mudah. Pertama silakan cabut stop kontak AC. Lepas baterai remotnya kurang lebih 4-6 menit saja. Nyalakan kembali AC dan setting AC sesuai suhu yang diinginkan. Dan.... tara, timer AC Panasonic sudah mati. Silakan ulangi langkah ini jika hal itu terjadi kembali.

Demikian ulasan penyebab AC Panasonic sering mati sendiri, AC Panasonic timernya terus berkedip, dan juga cara mengatasinya. Semoga tutorial ini bermanfata bagi Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil.
LihatTutupKomentar